Black Angel

Jumat, 24 Juni 2011

RPP dan LHS Konstruksi Atap dan Penutup Atap

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1.      Satuan Pendidikan                      : SMK Negeri 2 PAYAKUMBUH
Mata Pelajaran                              : Konstruksi Kayu
Topik                                             : Konstruksi Atap
Judul                                             : Macam-Macam Bentuk Atap
Program / Program Keahlian         : Teknik Sipil Dan Bangunan
Kelas / Semester                            : X / 1
Jumlah Pertemuan                         : 2 x 40 menit

2.      Standar Kompetensi
Siswa Mengetahui macam-macam bentuk atap dalam suatu bangunan.

3.      Kompetensi Dasar
Memahami macam-macam bentuk atap dalam suatu bangunan dan  menentukan bentuk atap sesuai dengan bentuk denah bangunan.

4.      Indikator Pencapaian
a.       Mengetahui macam-macam bentuk atap
b.      Mengetahui dan memahami bentuk atap sesuai dengan fungsinya.

5.      Tujuan Pembelajaran
Dengan diberikan materi ini maka siswa paham atau dapat :
1. Memahami macam-macam bentuk atap untuk bangunan gedung.
2. Menyebutkan fungsi dari atap.
3. Menyebutkan bagian-bagian dari konstruksi atap.
4. Menyebutkan bagan-bagian dari konstruksi kuda-kuda.
5. Memilih bentuk atap yang cocok untuk masing-masing bangunan gedung.

6.      Materi Ajar
Macam-macam tipe atap antara lain :
1.    Atap datar (platdak), biasanya menggunakan beton bertulang yang dihitung tersendiri sesuai dengan bentangan dan tebal plat. Meskipun tipe ini dikatakan datar, namun permukaan atap selalu dibuat miring untuk menyalurkan air hujan kelubang talang.
2.    Atap strandar (lessenaar), terdiri dari sebuah bidang atap miring kebagian tepi atasnya menempel pada dinding bangunan induk, pada bentuk ini menggunakan konstruksi setengah kuda-kuda.
3.    Atap pelana (Zadeldak), terdiri dari dua bidang miring atap yang tepi atasnya bertemu pada satu garis lurus yang disebut bubungan. Tipe ini banyak digunakan untuk rumah sederhana dan banyak dijumpai di daerah pedesaan Bali, Jawa Barat, Jawa timur, dan Jawa Tengah.
4.   Atap perisai (schildak), merupakan menyempurnaan dari bentuk atap pelana dengan menambahkan dua bidang atap miring yang membentuk segitiga pada ujung akhir atap bangunan.
5.    Atap tenda (tentdak), biasa dipakai pada bangunan yang ukuran panjang dan lebarnya sama, ini berarti atap terdiri dari empat bidang atap dan empat jurai dengan bentuk, ukuran dan lereng yang sama yang bertemu pada satu titik tertinggi, yaitu pada tiang penggantung.
6.    Atap Gergaji
Atap ini terdiri dari dua bidang atap yang tidak sama lerengnya. Atap ini
bisa digunakan untuk bangunan pabrik, gudang atau bengkel.
7.    Atap Setengah Bola ( Kubah )
Bentuk atap melengkung setengah bola. Atap ini banyak digunakan untuk
bangunan masjid dan gereja.
8.    Bentuk Atap Joglo
atap joglo hampir sama dengan atap limas tersusun sehingga atpnya seperti bertingkat. Atap ini banyak dibangun di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat
9.     Atap Minangkabao
Atap minangkabau seolah – olah berbentuk tandukpada tepi kanan dan
kiri. Bentuk atap ini banyak kita jumpai di Sumatra
10.            Atap mansard
Bentuk atap ini seolah – olah terdiri dari dua atap yang terlihat bersusun atau bertingkat. Atap mansard jarang digunakan untuk bangunan rumah di daerah kita, kerna sebetulnya atap ini dibangun oleh pemerintah belanda saat menjajah di negara kita.
11.             Atap Menara
Bentuk atap menara sam dengan atap tenda, bedanya atap menara puncaknya lebih tinggi sehingga kelihatan lebih lancip. Atap ini banyak kita jumpai pada bangunan – bangunan gereja, atap menara masjid dan lain – lain.
12.             Atap Piramida
Bentuk atap ini terdiri lebih dari empatbidang yang sama bentuknya.
Bentuk denah bangunan dapat segi 5, segi 6, aegi 8 dan seterusnya
7.      Alokasi Waktu : 2 x 40menit

8.      Metoda Pembelajaran : Ceramah dan Tanya jawab

9.      Kegiatan Pembelajaran
 
NO
URAIAN KEGIATAN
METODE
WAKTU
MEDIA
1.
Pendahuluan
·        Salam pembuka
·        Mengolah kelas
·        Memberika motivasi pada siswa
·        Memusatkan perhatian peserta didik
·        Memfokuskan/menekankan materi macam-macam bentk atap.

ceramah
10 menit

2.
Kegiatan Inti
·    Menjelaskan macam-macam atap.
·    Menjelaskan fungsi dari macam-macam atap

Ceramah dan Tanya jawab
60 menit



Papan tulis, benda kerja, dan gambar kerja.
3.
 Penutup
·        Evaluasi
Ceramah
10 menit


 
10.      Soal dan Evaluasi
Soal Tugas
a. Cermati uraian materi di atas hingga anda betul-betul menguasai tentang
perencanaan konstruksi rangka atap untuk perencanaan konstruksi
bangunan.
b. Mintalah kepada orang lain atau salah satu teman anda untuk menguji ( test) secara lisan hafalan anda baik secara lisan ataupun tertulis dan anda harus mampu menjawab dengan cepat dan tepat.
c. Lakukanlah tugas a dan b di atas sampai anda merasa betul-betul menguasai materi di atas dan dapat mengaplikasikan dalam perencanaan pekerjaan bangunan.
Soal Test Formatif
1. Sebutkan 3 macam bentuk atap yang anda ketahui !
2. Di daerah manakah atap joglo banyak digunakan ?
3. Bentuk atap apakah yag cocok dipakai untuk bangunan tambahan ?
4. Dimanakah murplat itu ditempatkan ?
5. Sebutkan 4 macam bahan penutup atap yang sering dipakai untuk
rumah tinggal
Evaluasi
a.       Apakah siswa sudah mengerti dan memahami materi tentang macam-macam atap,fungsi atap dan memilih bentuk atap yang cocok untuk masing-masing bangunan gedung.
11.      Sumber belajar
Buku konstruksi kayu.

Diketahui oleh,
Kepala  SMK N 2 Payakumbuh                                   Guru yang bersangkutan



( ………………………)                                                    ( Fandi Yulindra )
NIP:                                                                                    NIM:2007/87696

Tidak ada komentar:

Posting Komentar