Black Angel

Jumat, 24 Juni 2011

RPP dan LHS Jenis dan Fungsi Pintu dan Jendela


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1.      Satuan Pendidikan                      : SMK Negeri 2 PAYAKUMBUH
Mata Pelajaran                              : Konstruksi Kayu
Topik                                             : Pintu Dan Jendela
Judul                                             : Jenis Dan Fungsi Pintu Jendela
Program / Program Keahlian         : Teknik Sipil Dan Bangunan
Kelas / Semester                            : X / 1
Jumlah Pertemuan                         : 2 x 40 menit

2.      Standar Kompetensi
Siswa Mengetahui macam-macam konstruksi pintu dan jendela dan  dari kayu  dan fungsinya dalam suatu bangunan.

3.      Kompetensi Dasar
Memahami dan menerapkanfungsi pintu dan jendela serta  penggunaan macam-macam konstruksi pintu dan jendela dari kayu dalam suatu bangunan.

4.      Indikator Pencapaian
a.       Mengetahui konstruksi pintu, jendela, dan detail konstruksinya dimengerti dengan baik.
b.      Mengetahui dan memahami fungsi pintu dan jendela dengan baik.

5.      Tujuan Pembelajaran
Dengan diberikan materi ini maka siswa paham atau dapat :
a.    Tipe/jenis konstruksi pintu.
b.    Fungsi macam-macam pintu dan jendela
c.    Jenis,  ukuran , dan konstruksi pintu/jendela dari bahan kayu.
d.   Ketentuan arah bukaan, perletakan engsel, rel penggantung, pemasangan kaca, dimensi sponing, peletakan kunci dan pegangannya, dan lain-lain.

6.      Materi Ajar
Pintu dan jendela merupakan konstruksi yang dapat bergerak, bergeraknya pintu atau jendela dipengaruhi oleh perletakan/penempatan.
a.        Matahari
b.        Penerangan
c.         Pemandangan
d.        Penampilan

Syarat pintu dan jendela pada sebuah bangunan meliputi :
a)    Bekerja dengan aman
b)   Tahan cuaca, untuk mendapatkan ketahanan terhadap cuaca maka harus dipilih dari bahan yang baik, tidak mudah lapuk, tidak mudah mengalami kembang/susut (muai, melengkung)
c)    Tidak ada celah/ cahaya yang tidak dikehendaki masuk, cuaca (suhu, udara) masuk ke dalam ruangan.
d)   Kuat
e)    Minimal ada 1(satu) buah jendela dalam sebuah ruangan.

Fungsi Pintu Dan Jendela Dalam Sebuah Bangunan
1.    Fungsi pintu
Dalam kegiatan/komunikasi antar ruang maka pintu sangat dibutuhkan, demikian juga sarana lintas antara bagian dalam dan bagian luar bangunan.
2.    Fungsi jendela
a. Penerangan alami ruangan
b. Pengatur suhu ruangan, sirkulasi angin
c. Melihat pemandangan/situasi luar banguna

Pintu dan jendela biasanya dikelompokkan sesuai dengan bagaimana bukaannya, hal ini juga sangat erat hubungannya dengan jenis perangkat alat penggantung dan pengunci yang akan dipakai untuk melekatkan daun pintu/jendela pada rangkanya.
Ukuran penampang batang kayu untuk rangka pintu dan jendela adalah sebagai berikut :
Pada pintu biasa dengan satu daun:
5/10 5/12 5/14 5/15 cm
6/10 6/12 6/14 6/15 cm
7/12 cm
Pada pintu rangkap dengan dua daun:
8/10 8/12 8/14 8/15 cm

7.      Alokasi Waktu : 1 x 40menit

8.      Metoda Pembelajaran : Ceramah dan Tanya jawab

9.      Kegiatan Pembelajaran
NO
URAIAN KEGIATAN
METODE
WAKTU
MEDIA
1.
Pendahuluan
·        Salam pembuka
·        Mengolah kelas
·        Memberika motivasi pada siswa
·        Memusatkan perhatian peserta didik
·        Memfokuskan/menekankan materi ke pintu dan jendela

ceramah
10 menit

2.
Kegiatan Inti
·    Menjelaskan fungsi pintu dan jendela
·    Menjelaskan jenis – jenis pintu dan jendela.

Ceramah dan Tanya jawab
60 menit



Papan tulis, benda kerja, dan gambar kerja.
3.
 Penutup
·    Evaluasi
Ceramah
10 menit



10.  Soal dan Evaluasi
Soal
1.    Fungsi utama pintu dan jendela dalam suatu bangunan gedung adalah sebagai ?
2.    Fungsi utama jendela atas/jungkitdan ventilasi dalam suatu bangunan adalah ?
3.    Berapakah tinggi jendela sekolah (kelas) dari lantai agar siswa tidak bisa melihat keluar kelas pada saat belajar ?
4.    Berapa luas pencahayaan dan tempat sirkulasi udara yang diperlukan  untuk sebuak kelas apabila luas kelas adalah 16 m x 16 m?
5.    Lebar daun pintu ditentukan berdasarkan ?

Evaluasi
a.    Apakah siswa sudah mengerti dan memahami materi tentang macam-macam pintu dan jendela beserta fungsinya masing-masing.

11.  Sumber belajar
Buku konstruksi kayu.

Diketahui oleh,
Kepala  SMK N 2 Payakumbuh                                   Guru yang bersangkutan



( ………………………)                                                    ( Fandi Yulindra )
NIP:                                                                                    NIM: 07/87696

Tidak ada komentar:

Posting Komentar